Banyuraden Digital Valley: Taman Budaya untuk Masyarakat Bersama Sivitas Kampus

Kepindahan kampus UWM dari nDalem Mangkubumen ke Kampus Terpadu UWM di Banyuraden tidak hanya fisik semata, tapi juga entitas sebagai Kampus Berbasis Budaya turut dibawa ke Kampus Terpadu UWM di Banyuraden untuk terus didiseminasi dan dikembangkan di tempat baru sebagai satu wujud keseriusan menuju UWM Unggul yang Beretika, Bermoral dan Bermartabat, demikian sambutan Puji Qomariyah dalam Workshop Literasi Digital seri ke 4 pada Selasa, 10 Oktober 2023 di Pendopo Agung Kampus Terpadu UWM. 

Workshop dengan mengangkat tema “Tantangan Etika dalam Digital Marketing” menghadirkan narasumber Prof. Dr. Edy Suandi Hamid Rektor UWM,  Erwin Yuniati owner Bahana Batik dan  Teuku Muhammad Farhan Communication Lead DanaID8.  Acara tersebut adalah program Gerakan Nasional Revolusi Mental yang diinisiasi oleh Kemenko PMK kerjasama dengan FRI.

Selanjutnya Puji Qomariyah sebagai Ketua Pelaksana GNRM UWM, yang sosiolog sekaligus WR III UWM mengatakan bahwa di kompleks kampus terpadu inilah nantinya diharapkan menjadi ruang budaya yang lebih luas dengan interaksi, dialog, kerjasama dengan berbagai pihak utamanya dengan masyarakat sekitar dalam membangun sinergi maupun kolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan bersama. Dalam hal ini UWM membuat rintisan Banyuraden Digital Valley.

Banyuraden Digital Valley (BDV) merupakan ruang (space-place) taman budaya yang akan dibangun dan diikhtiarkan UWM agar bisa tumbuh dan menyatu dalam kehidupan masyarakat terintegrasi dengan dunia kampus. BDV diharapkan besar bersama masyarakat dan menjadi agen perantara dan pembangun sinergi-kolaborasi antara akademisi, dunia usaha atau industri, pemerintah, dan masyarakat.

Dalam tataran praksis uwm berupaya membangun kolaborasi-sinergi akademik, bisnis, pemeritah, dan masyarakat, enterpreunership/kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi, mengembangkan wirausaha baru berbasis teknologi dari sivitas akademika UWM, dan masyarakat. Itulah spirit awal mengapa ada Banyuraden Digital Valley, pungkas Puji.

Sumber: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/banyuraden-digital-valley-taman-budaya-untuk-masyarakat-bersama-sivitas-kampus

Scroll to top