Rintisan Kampung Literasi GNRM Untirta Gelar FGD Bersama Duta Baca Indonesia di Rumah Dunia

Rintisan Kampung Literasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat. Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., yang memberikan sambutan mengenai pentingnya literasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas.

“Peran Literasi digital ini harus kita gali karena ada sisi positif yang bermanfaat tetapi harus ada juga dari pemahaman masyarakat terkait penggunaannya,” ujarnya.

“Kampung literasi ini bagian dari kampus sebagai menara air yang sesuai dengan amanat dari Pak Presiden, Pak Jokowi, saat peresmian Kampus Untirta, Sindangsari,” imbuhnya saat menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rintisan Kampung Literasi GNRM Untirta di Rumah Dunia, Kota Serang, Selasa, 8 Agustus 2023.

Ketua Pelaksana kegiatan GNRM, Prof. Supriyanto, juga memberikan sambutan mengenai tujuan dari gerakan ini, yaitu mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam membaca dan menulis serta memahami berbagai informasi. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua GNRM Untirta, Prof. Asep Ridwan, yang juga memberikan sambutan tentang komitmen universitas dalam mendukung upaya peningkatan literasi di masyarakat.

Tak hanya itu, sambutan juga datang dari Ketua Narasumber Gol A Gong, yang turut memberikan pandangan mengenai pentingnya literasi sebagai fondasi utama dalam memajukan bangsa. Acara ini menjadi wadah bagi para peserta untuk mendapatkan wawasan baru dan memperluas pemahaman tentang pentingnya literasi dalam menghadapi tantangan zaman modern.

“Saya tanpa sadar terus mengembangkan diri. Tidak bisa diam. Saya dikasih sukses menulis, 126 buku saya tulis dan sudah difilmkan dan membangun Rumah Dunia bersama dengan teman-teman karena saya terus berdoa kepada Allah dan berusaha terus membaca. Oleh karena itu, jangan sia-siakan rintisan kampung literasi ini dan saya yakin ini bermanfaat sekali bagi warga,” tutur Gol A Gong.

Dengan adanya acara rintisan Kampung Literasi GNRM ini, diharapkan masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya literasi dalam membangun individu yang lebih berpengetahuan dan kritis. Gerakan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung Revolusi Mental dan membawa perubahan positif dalam pola pikir dan perilaku masyarakat terhadap membaca dan menulis. Direncanakan launching kampung literasi di Desa Sindangsari ini pada 17 Agustus 2023.

Scroll to top