Teknokrat Berkomitmen Terus Kembangkan Teknologi Metaverse for Education

Kamis 10 Agustus 2023, Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) mengadakan acara Teknokrat Goes to School dengan tema Metaverse for Education di SMK YPI Tanjung Bintang. Inisiatif ini merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi metaverse dalam konteks pembelajaran.

Metaverse adalah dunia virtual di mana orang dapat berinteraksi, berkomunikasi, bekerja, dan bahkan berbelanja. Dengan metaverse, orang bisa terlibat dalam komunitas tanpa harus melakukan perjalanan fisik. UTI mengembangkan teknologi ini dengan tujuan mengaplikasikannya dalam pendidikan, mengingat minat pelajar saat ini cenderung lebih tertarik belajar melalui media audio visual dan perangkat ponsel.

Selama acara ini, para siswa diberikan kesempatan untuk menciptakan avatar yang akan dipandu oleh tim dosen dan mahasiswa. Mereka antusias karena avatar yang mereka buat memungkinkan mereka berinteraksi di lingkungan virtual Universitas Teknokrat Indonesia. Tim dari UTI yang mengelola acara ini terdiri dari dosen dan mahasiswa. Donaya Pasha, M.Kom., adalah dosen yang memberikan materi, dan mahasiswa juga membantu siswa yang mengalami kesulitan.

Program ini juga merupakan upaya nyata untuk membantu sekolah menerapkan digitalisasi dalam pembelajaran. Hal ini penting mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan akan penerapan teknologi dalam bidang pendidikan. Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., Wakil Rektor UTI, menyatakan komitmen UTI dalam mengembangkan teknologi untuk pendidikan.

Selain itu, kegiatan ini adalah hasil kerjasama antara Kemenko PMK RI, Forum Rektor Indonesia (FRI), dan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) dalam Gerakan Pengenalan Game Edukasi Berbasis Metaverse untuk Meningkatkan Literasi Digital. Kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi, dan sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi penting dalam mencetak generasi yang terampil untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Momentum ini akan berlanjut dengan kegiatan serupa di sekolah-sekolah lain di Provinsi Lampung. Ketua Pelaksana Program Teknokrat Goes to School, Dr. Afrianto, menegaskan bahwa tim dosen dan mahasiswa UTI berkomitmen menjalankan program ini dengan tanggung jawab dan konsistensi.

Scroll to top