Universitas Airlangga dan FRI Pamerkan Inovasi Pangan dan Obat-Obatan pada Pameran Ketahanan Pangan Indonesia 2023

Universitas Airlangga dan Forum Rektor Indonesia turut serta berkontribusi untuk berinovasi dalam Pameran Ketahanan Pangan Indonesia 2023 di Jakarta (10/08/2023). Dengan mengusung tema ‘Menuju Swasembada Pangan untuk Kemandirian Bangsa’, Universitas Airlangga berkolaborasi dengan Forum Rektor Indonesia ekshibisi ini yang menampilkan beragam karya dan produk inovasi tanaman herbal, dan obat-obatan yang telah dipasarkan sampai ke luar negeri. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi, Ketua Forum Rektor Indonesia Prof. Dr. M. Nasih, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan FRI, Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE., MBA beserta Ketua Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) Subandrio.

Rektor Universitas Airlangga yang juga menjabat sebagi Ketua Forum Rektor Indonesia Prof. M. Nasih mengemukakan bahwa Indonesia perlu menjadi pusat ketahanan pangan dunia. Hal ini juga berkenaan dengan potensi sumber daya kekayaan alam Indonesia yang melimpah sehingga banyak sekali bahan dasar yang bisa diolah menjadi produk-produk olahan makanan dan obat-obatan yang unggul. “Melalui kolaborasi antara Unair, FRI, Pemerintah dan stakeholder lainnya, Indonesia bisa menjadi negara unggul dalam ketahanan pangan di tingkat dunia”.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan pentingnya negara Indonesia dalam mendorong ketahanan pangan. “2 minggu lalu saya bersama Sekretaris Jenderal PBB membahas persoalan pangan. Indonesia dikatakan masih mampu bertahan. Stok pangan kita selalu dijaga oleh Badan Pangan Nasional. Jadi kita ini punya pertahanan yang dijaga oleh Badan Pangan Nasional, lalu didukung juga oleh Kementerian Pertanian, Bulog, dan BUMN,” ujar Airlangga.

Scroll to top