WR III UWM: Menyongsong Dunia Digital yang Penuh Tantangan

Universitas Widya Mataram (UWM) menjadi tuan rumah acara Dana ID8 yang merupakan hasil kolaborasi antara GreatNusa, Dana, dan UWM. Acara yang penuh semangat ini diselenggarakan di Pendopo Agung Kampus UWM, Yogyakarta, Selasa (10/10/2023).

Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah, S.Sos., M.Si dalam sambutannya memperkenalkan UWM sebagai institusi berbasis budaya yang didirikan pada tahun 1982 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dengan semangat memberikan alternatif dalam dunia pendidikan di Indonesia. Puji menekankan, bahwa UWM berusaha membentuk mahasiswa yang memiliki budaya, etika, dan martabat.

Pihaknya juga mengingatkan para mahasiswa, bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suasana akademik yang bermoral dan beretika. Ia pun mendorong transfer pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk budaya akademik yang beretika, bermoral, dan bermartabat.

“Sementara tentang beragamnya asal mahasiswa UWM, 52 persen dari mahasiswa berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 25 persen dari Papua, dan sisanya dari berbagai wilayah di Indonesia. Ini menciptakan peluang untuk pertumbuhan budaya silang dan beragam di kampus UWM,” ujar Puji Qomariyah, dalam keterangan yang dikirim.

Dosen Prodi Sosiologi, pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UWM ini juga berbicara tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lulusan tahun ini, termasuk pentingnya memiliki keterampilan ‘soft skills’ serta menyoroti pentingnya memiliki kemampuan digital, berpikir fleksibel, dan berkomunikasi untuk bersaing dalam lingkup global yang bergerak cepat saat ini.

“Tantangan dan peluang yang dihadapi oleh lulusan tahun ini, selain memiliki keterampilan ‘soft skills’. Juga penting memiliki kemampuan digital, berpikir fleksibel dan berkomunikasi untuk bersaing dalam lingkup global yang bergerak cepat saat ini,” tegas Puji.

Dalam penutup, Puji Qomariyah menekankan visi UWM sebagai kampus berbasis budaya yang diharapkan mampu melahirkan lulusan yang berbudaya, mampu menganalisis masalah, dan memiliki kemampuan solutif.

“Semangat dan pesan yang disampaikan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan panduan kepada para mahasiswa dalam menghadapi dunia digital yang terus berubah dan penuh peluang,” pungkasnya.

Sumber: https://bernasnews.id/2023/10/12/wr-iii-uwm-menyongsong-dunia-digital-yang-penuh-tantangan/

Scroll to top